Pohon Unik RAINBOW EUCALYPTUS


Ini bukan pohon ajaib yang tumbuh di negeri khayalan, bukan pula karena iseng dicat. Pohon ini betul-betul tumbuh di dunia nyata! Nggak heran kan, kalo pohon ini biasa di jadikan hiasan.
Apa nama pohonnya?
Rainbow eucalyptus. Itulah nama pohon berbatang pelangi ini. Nama latinnya, Eucalyptus deglupta. Pohon ini merupakan salah satu jenis
pohon kayu putih, lho. Tetapi, Rainbow eucalyptus tidak menghasilkan minyak kayu putih seperti pohon kayu putih lainnya. Meski demikian, Rainbow eucalyptus tak kalah manfaatnya.
Kayu ini biasa digunakan sebagai bahan pembuat kertas. Eh, karena batangnya berwarna-warni, apakah kertas yang dihasilkan jadi berwarna-warni juga? Sssst, ternyata tidak. Kertas yang dihasilkan tetap berwarna putih. Sama seperti kertas dari pohon lainnya.
Di mana tumbuhnya?
Rainbow eucalyptus berasal dari wilayah belahan bumi bagian utara. Pohon ini kemudian menyebar ke wilayah Papua Nugini, Sulawesi dan Seram di Indonesia, serta Mindanao di Filipina. Rainbow eucalyptus memang banyak tumbuh di hutan hujan tropis yang hangat. Sebab, pohon ini tidak tahan pada cuaca dingin. Oiya, pohon ini, tingginya bisa mencapai 60-70 meter.
Apa penyebab warna-warninya?
Ini yang bikin penasaran! Warna-warni di batang pohon ini berasal dari kulit pohon yang sering terkelupas. Rainbow eucalyptus memang sering berganti kulit setiap tahunnya. Tetapi, lapisan-lapisan kulit pohon ini tidak mengelupas pada saat yang bersamaan.
Begitu lapisan kulit luarnya hilang, warna hijau muda pada lapisan dalamnya terlihat jelas. Lalu, bagian itu lama kelamaan akan menjadi gelap. Selanjutnya, kulit-kulit baru pun tumbuh. Kulit baru itu kemudian berubah warna menjadi biru, oranye, merah, marun dan lain sebagainya. Ini membuat batang Rainbow eucalyptus berwarna-warni seperti pelangi.
Pohon Unik RAINBOW EUCALYPTUS Pohon Unik RAINBOW EUCALYPTUS Reviewed by Auroratarra on Maret 06, 2013 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.